Rabu, 24 April 2013


PRINSIP – PRINSIP KERJA PIKIRAN



# Peta bukanlah wilayah yang sesungguhnya
            Maksudnya apa yang kita persepsikan adalah map dan apa yang kita bayangkan adalah persepsi. Map tiap orang berbeda – beda karena map terbentuk dari pengetahuan yang berbeda – beda. Jadi persepsi jangan langsung dipercaya, diklarifikasi dulu, karena tiap orang punya persepsi yang beda – beda.
# Pengalaman memiliki struktur dan bisa dimodifikasi, dan modifikasi itu yang membuat pengalaman berbeda – beda. Misalnya : pengalaman jelek bisa kita modif jadi bagus.
# Pikiran dan tubuh adalah satu sistem
# kita sebenarnya telah memiliki segala sumber daya yang kita butuhkan. Karena segalanya telah disediakan oleh Tuhan. Pengalaman – pengalaman, ide – ide, merupakan sumber daya yang kita miliki.
# Kita tidak bisa untuk TIDAK brkomunikasi, karena manusia itu selalu berkomunikasi sekalipun sedang dalam keadaan diam
# Makna dari komunikasi yang kita lakukan terletak pada respon yang kita dapat. Apabila kita menyampaikan pesan yang kita sampaikan, tetapi bagaimana kita menyampaikan pesan tersebut agar orangnya mengerti dan responya baik.
# Setiap tindakan yang kita lakukan pada dasarnya didasari oleh niat yang positif. Sangat tidak bijak jika kitamenyamakan antara tindakan dan niat. Misalnya : Jika ada orang yang melakukan tindakan kurang benar menurut kita. Tugas kita adalah mencari tahu niatnya. Bisa jadi niatnya baik tapi tindakanya yang kurang benar. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi pada diri kita tapi kita punya kuasa untuk memberikan respon kepada yang terjadi pada diri kita.
# Orang yang seelalu membuat keputusan yang terbaik menurut apa yang kita ketahui. Jadi kata menyesal sangat tidak bijak karena keputusan kita kemarin adalah yang terbaik menurut kita.Jika yang kita lakukan belum berhasil, lakukan kembali dengan cara yang berbeda.



CHANGE FOR SUCCESS



        (KONDISI SEKARANG) KS                  SUMBER DAYA        KD (KONDISI DIINGINKAN)   



               MENTAL BLOCK 
#  Faktor yang menghambat kita adalah diri kita sendiri
#  Untuk mengatasi mental block harus mulai bicara dengan diri kita sendiri.









WELL FORMED OUT COME
( Panduan Untuk Menentukan Tujuan Hidup)



# Dinyatakan Secara Positif
            Buatlah tujuan hidup kita dengan menggunakan kata – kata yang positif. Misalnya : katakanlah “ saya ingin “ . Kata – kata yang positif lebih efektif , karena pikiran bawah sadar kita kinerjanya berbeda dengan bahasa. Bahasa bisa menggunakan kata – kata negatif tetapi otak kita tidak bisa. “ hati – hati menggunakan bahasa “ karena bahasa yang kita gunakan sangat berdampak terhadap pikiran kita.
# Pastikan Dalam Jangkauan Kontrol Kita
            Pastikan tujuan yang kita buat masih dalam jangkauan kontrol kita. Misalnya : kita ingin membuka usaha ternak lele, jadi minimal kita harus tahu tentang ikan lele, Karena pemimpin – pemimpin hebat itujuga ahli di bidangnya.
# Bisa Diuji Secara Panca Indra
            Saat kita membuat tujuan, tujuan tersebut harus bisa kita visualisasikan atau kita bayangkan, Misalnya : “ Saya ingin mempunyai mobil Merk Honda Jazz warna Merah”
# Ekologis Baik Terhadap Diri Sendiri Maupun Orang Lain.
            Ekologis ------ > Win – Win solution ------- >Tujuan kita harus Well.
Kita diuntungkan dengan tujuan kita, dan orang lain juga diuntungkan dengan tujuan kita atau minimal tidak ada yang dirugikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar